Categories
GAME INFORMASI

5 Jenis Game Online

5 jenis game online. Perkembangan game online dewasa ini kian pesat. Dari beribu pilihan game online baik pada PC maupun smartphone memiliki karakteristik tersendiri dalam memainkannya. Tiap gamer memiliki selera masing-masing pada tiap karakter permainan. Seperti musik yang memiliki genre, game juga memiliki genre atau jenis tersendiri untuk para penggemarnya.

Ada yang suka bermain game online hanya untuk menghabiskan waktu tatkala sedang menunggu bus atau kereta, ada pula yang bermain game online saat sedang suntuk saja, ada yang suka mabar (main bareng) bersama teman-temannya, ada juga tipe pemain yang suka menantang diri dalam bermain game online. Berbagai tipe gamer yang berbeda juga akan menentukan jenis game apa yang mereka pilih.

Tiap permainan memiliki keistimewaan masing-masing. Ada yang menuntut ketangkasan individu, ada yang menuntut kerja sama tim, ada jenis game yang menuntut ketelitian, ada tipe game yang mengasah kecerdasan dan lain sebagainya. Nah, di bawah ini akan kami ulas tentang jenis game online yang dapat dipilih sesuai selera Anda.

RPG (Role Playing Game)

Dalam istilah bahasa Indonesia dikenal dengan “permainan bermain peran”. Jika dalam musik pop terdapat sub-genre aliran seperti pop-rock, pop-punk, pop n dut, dan lain sebagainya maka begitu pula dalam duni game RPG. Jenis permainan ini memiliki beberapa sub-genre seperti action RPG, First-Person Party RPG, Sandbox RPG, Roguelike, MMORPG, dan lain-lain.

Jenis game online RPG menuntut pemain untuk kreatif membentuk karakter yang ia inginkan. Gamer akan bermain peran yang biasanya akan berhubungan dengan NPC (Non-Controllable Player), yakni pemain yang dijalankan oleh server namun akan membantu Anda dalam menyelesaikan misi dalam permainan. Contoh game RPG antara lain The Elder Scrolls, Undertale, Dragon Warrios, Pokemon, Final Fantasy, dan sebagainya.

MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game)

Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa permainan jenis ini adalah sub-genre dari jenis permainan RPG. Persis seperti namanya. Permainan ini menawarkan banyak pemain secara online sehingga jenis permainan ini cenderung diminati karena keseruan yang disajikannya. Contoh game MMORPG adalah FlyFF Legacy, Dragon Nest M, Legacy of Discord: Furious Wings, dan lain-lain.

MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

Jenis game online satu ini sudah masuk dalam kategori permainan e-sport yang dipertandingkan secara resmi bahkan dalam ajang SEA Games. Permainan ini sangat menuntut kerjasama tim dalam mengatur strategi permainan dalam menyerang dan bertahan sekaligus. Contoh permainan ini antara lain adalah Mobile Legends, Arena of Valor, Vainglory, Marvel Super War, dan lain-lain.

RTS (Real Time Strategy)

Jenis permainan ini sangat identik dengan permainan taktik serta membaca kekuatan lawan. Anda akan dituntut untuk membangun negara atau kelompok yang akan menjadi pasukan untuk menyerang lawan sekaligus menjaga base Anda. Contoh game ini antara lain Battle Realms, Company of Heroes 2: Ardennes Assault, Dawn of War: Dark Crusade, dan lain-lain.

FPS (First Person Shooter)

Jenis game online ini menawarkan pengalaman bermain dengan sudut pandang orang pertama yang identik dengan permainan tembak-menembak. Permainan ini menawarkan misi yang beragam misalnya melumpuhkan penjahat, menjinakkan bom, atau berperang secara berkelompok. Contohnya adalah Point Blank, Duke Nuke 3D, Pefect Dark, dan lain-lain.

Selain game yang di sebutkan di atas Anda juga bisa memainkan permainan game terbaik seperti game qq online.

Berbagai jenis game online di atas menawarkan sensasi dan pengalaman berbeda pada tiap pemainnya. Sesuaikan pilihan game di atas sesuai selera Anda. Pastikan Anda tidak salah memilih permainan yang akan di-install pada ponsel pintar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *